freebitcoin

Saturday, June 4, 2016

Menyimpan Settingan Screen Brightness (Kecerahan Layar) pada Ubuntu 14.04

Salah satu masalah yang ditemukan pada Ubuntu 14.04 adalah pada saat kita merubah settingan kecerahan layar kemudian Ubuntu boots up, atau restart, settingan atau posisi kecerahan layar selalu kembali ke posisi maksimal (kondisi paling terang).

Saya akan memberikan satu cara agar settingan kecerahan layar pada Laptop atau komputer yang menggunakan Ubuntu 14.04 bisa tersimpan, sehingga kita tidak perlu merubah-rubah lagi settingan sesuai keinginan kita.

Pertama-tama dengan meggunakan files browser masuk ke "Computer > sys > class > backlight" directory, di dalam folder backlight tersebut biasanya terdiri atas 1 s/d 3 folder (biasanya folder acpi_video0 dan intel_backlight), kebetulan untuk contoh screenshoot dibawah hanya ada folder intel_backlight (Saya menggunakan dell 3162).



Di dalam folder acpi_video0 atau intel_backlight akan kita temui beberapa file antara lain:
  1. max_brightness = berisi angka max settingan kecerah layar (paling terang)
  2. brightness dan actual_brightness = berisi angka settingan kecerahan layar saat ini (sesuai dengan settingan yang kita inginkan)
  3. bl_power = berisi angka min settingan kecerahan layar (biasanya = 0)
Untuk laptop Dell 3162 yang Saya gunakan nilai max = 6009, nilai min = 0, sementara nilai settingan yang saya pilih = 309. Untuk melihat nilai brightness & actual_brightness rubah/geser-geser settingan kecerahan layar sesuai dengan apa yang kita mau (*nilai min-max kecerahan layar untuk setiap komputer/laptop berbeda-beda).



Langkah selanjutnya adalah membuat script yang akan berjalan saat Ubuntu boot up. Dengan menggunakan Terminal ketikkan:
  1. sudo -i
  2. masukkan password
  3. gedit /etc/rc.local
Perintah di atas akan mengakses aplikasi  "gedit" yang secara langsung membuka file rc.local , tambahkan perintah (lihat screenshot)

echo X > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

atau 

echo X > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness  (*saya meggunakan ini karena hanya ada folder intel_backlight)


ganti nilai X sesuai nilai brightness yang kita inginkan (*untuk melihat buka file actual_brightness). kemudian save.

Dengan adanya script tersebut saat Ubuntu boots up settingan kecerahan layar akan berada pada settingan yang kita tentukan sebelumnya.




No comments:

Post a Comment