freebitcoin

Tuesday, June 7, 2016

Membuat Efek Bendera Berkibar Menggunakan GIMP

Pada postingan kali ini saya akan menunjukkan langkah-langkah membuat efek bendera berkibar menggunakan software pengolah gambar GIMP.

1. Pertama-tama buat gambar bendera atau buka gambar bendera yang mau diberi efek


2. Buat layer baru (Layer garis lipatan) 
Layer yang kita buat ini fungsinya sebagai area untuk memberi efek lipatan pada bendera. Untuk "Layer Fill Type" pilih Transparency. Buat garis di sepanjang bedera dengan menggunakan Tools > Paint Tools > Pencil  (warna hitam).




3. Memberi efek Blur dan Emboss
Tujuan dari pemberian efek Blur dan Embos adalah untuk memberikan efek kedalaman lipatan dan bayangan.
  • Tambahkan Filters > Blur > Gaussian Blurr... , isikan nilai Blur Radius > Horizontal & Vertikal sekitar 50 - 60 (*silahkan eksperimen sendiri hasilnya)
  • Tambahkan Filter > Distorts > Emboss. Isikan nilai Azimuth = 0,00 ; Elevation = 7,00 ; Depth = 100
Lihat screenshot dibawah untuk lebih jelasnya.




4. Saatnya menerapkan efek lipatan bendera

  • Langkah selanjutnya adalah memberikan efek lipatan bendera pada bendera yang ingin kita beri efek berkibar, Caranya adalah dengan menggunakan Filters > Map > Displace... (pastikan layer kerja yang dipilih adalah layer gambar bendera). Nilai X displacement dan Y Displacement digunakan untuk mengatur kedalaman lipatan, silahkan untuk mencoba merubah nilainya untuk menghasilkan kedalaman dan besar lipatan sesuai keinginan. (*untuk efek lipatan bisa juga menggunakan teknik stak, atau memberikan efek Filters > Map > Displace beberapa kali/bertumpuk pada satu objek.

5. Sentuhan akhir
Langkah terakhir adalah menghapus garis lipatan pada "Layer garis lipatan" yang melebihi batas bendera dan juga mengatur level Opacity pada "Layer garis lipatan" untuk menyamarkan garis. Untuk hasil akhir bisa dilihat pada screenshot dibawah, selamat berkreasi. :)

No comments:

Post a Comment