freebitcoin

Saturday, June 4, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Dell Inspiron 11 3162

Saat ini Saya berkesempatan memakai salah satu varian laptop Dell seri 3000, yaitu Dell inspiron 11 3162. Laptop yang oleh Dell diklaim sebagai laptop yang "kecil, ringan, penuh warna, dan seru dengan harga terjangkau". Tidak seperti design laptop Dell yang biasanya kaku dan serius, seri 3162 ini bentuknya lebih trendi dan gaul dengan varian 3 warna yaitu: tango red, alpine white, dan bali blue.

Untuk seri Dell inspiron 3162 kalau dilihat dari sisi processor dan memori yang tertanam di dalamnya terdiri atas 2 macam, yaitu yang menggunakan processor intel Celeron N3050 (dual core) dengan memori 2Gb single chanel DDR3L 1600MHz dan yang menggunakan processor intel Pentium N3700 (quad core) dengan memori 4Gb single chanel DDR3L 1600MHz.

Untuk ukuran layar adalah standar ukuran laptop mini yaitu 11.6 inchi HD (1366 x 768) Anti Glare Led-Backlit Display, video card menggunakan Intel HD Graphic. Untuk speaker menggunakan speaker stereo yang terletak di sisi sebelah atas keyboard dengan menggunakan teknologi Waves MaxxAudio membuat suara yang dihasilkannya cukup keras untuk memanjakan telinga.

Untuk operating sistem yang digunakan oleh Dell inspiron 11 3162 adalah Ubuntu 14.04 (N3050 & N3700) dan Windows 10 (N3050). Sementara yang Saya gunakan adalah yang menggunakan processor intel Pentium N3700 dengan operating sistem Ubuntu 14.04. Untuk spesifikasi lengkap dari Dell inspiron 11 3162 bisa dilihat di Dell Website.

Setelah Saya menggunakan laptop Dell inspiron 11 3162 ini Saya dapatkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada laptop Dell inspiron 11 3162, yaitu:

KELEBIHAN
  1. Design tipis dengan warnanya yang sangat menarik & gaul.
  2. Ringan, dengan berat antara 1,18 Kg - 1,22 Kg.
  3. Harga terjangkau walaupun bisa dibilang bukan yang termurah, karena dari segi harga Acer dan Lenovo merupakan saingan yang harus diperhitungkan.
  4. Speaker stereo dengan teknologi Waves MaxxAudio membuat suara yang dihasilkan kencang.
  5. Fanless. Dell inspiron 11 3162 ini tidak dilengkapi fan pada processor nya sehingga suara yang dihasilkan hanya suara dari hardisk saja yang relatif kecil. Walaupun tidak adanya fan tetapi suhu yang dihasilkan rendah.
  6. Batterai hemat dan tahan sampai pemakaian 9 jam (tergantung settingan dan pemakaian).
  7. Sudah build in Windows 10 atau Ubuntu 14.04
KEKURANGAN
  1. Kinerja hanya cocok untuk tingkatan ringan dan menengah.
  2. Adanya delay (waktu tunggu) beberapa detik saat membuka aplikasi yang ada pada windows10 atau ubuntu.
  3. Kurangnya lampu indikator. Satu-satunya lampu indikator yang ada pada laptop ini hanyalah indikator "Caps Lock" yang tepat berada pada tombol keyboard "Caps Lock".
  4. Menggunakan sistim battery tanam, tapi dari pengamatan saya hampir semua laptop keluaran terbaru rata-rata menggunakan sistim battery tanam. Walaupun menggunakan sistim battery tanam untuk menggantinya sebetulnya bisa dilakukan sendiri walaupun perlu sedikit keahlian, untuk caranya bisa dilihat di link youtube ini.
  5. Posisi 2 port USB yang terpisah jauh di sisi kiri dan kanan laptop menjadi salah satu nilai minus karena ada accessories external yang memembutuhkan akses ke 2 port USB secara bersamaan, contohnya: ext DVD rom, walaupun bisa menggunakan kabel expansi.

KESIMPULAN
Untuk yang menginginkankan laptop hanya sebatas untuk menggunakan aplikasi office, melihat film, browsing internet, ataupun pekerjaan ringan lainnya tetapi dengan budget terbatas laptop dengan processor N3050 ataupun N3700 ini bisa menjadi salah satu alternatif.

Untuk harga dari laptop Dell inspiron 11 3162 ini pada bulan Juni 2016 sekitar Rp 2.800.000,- s/d 3.780.000,- tergantung dari tipe processor dan OS yang digunakan dan yang terpenting kemampuan anda menawar :) .

Setelah dipakai kerja keras akhirnya harddisk KO juga, tapi jadi bisa membongkar dan melihat dalaman dari netbook ini, bagi yang ingin mengetahui bisa langsung dilihat pada postingan blog saya tentang Membongkar Dell Inspiro 11 3162.

Baca juga tulisan blog saya terbaru tentang menambang bitcoin untuk penghasilan tambahan:
cara-menambang-bitcoin-untuk-pemula



149 comments:

  1. cara install ulang mengganti ubuntu dengan windows di dell inspiron ubuntu version gimana ya gan? ane buat fd bootable gagal booting terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boot priority #1 = ubuntu di bios sudah diganti 'disable'? (waktu boot tekan F2 buat masuk bios).
      Waktu booting tekan F12 buat pilih device buat booting (FD).

      Delete
    2. iya gan udah di disable,
      pas pilihan dari f12 fd nya uefi kan ya? atau dari legacy gan?
      mohon pencerahannya gan

      saya bikin bootable nya pake software rufus tipe nya gpt for uefi.
      masi failed to boot gan

      Delete
    3. legacy= proses boot pake BIOS fw, UEFI= proses boot pake UEFI fw. 2-2nya sama aja fungsinya.

      Coba pakai legacy dulu biar default sistim bios yg cari FD nya. itu bootable FD sudah dicek di laptop/PC lain jalan ya? (gk pernah pakai rufus soalnya).

      kalau baca deskripsi rufus jalan di systim yang belum terinstall os soalnya.

      Delete
    4. sip gan udah bisa, thank u very much :D

      Delete
    5. dulu aku sempat install (ganti os ke win >> tapi boot pakai ext DVD), caranya:
      1. bikin ubuntu recovery - pakai Dell Recovery (buat backup os ubuntu bawaan) > bisa ke FD atau ke DVD.
      2. partisi & format ulang harddisk (= pakai FD/DVD hasil no.1) > kalau langsung install lewat boot windows 7 (tanpa dipartisi) bisa masuk ke proses install tapi gagal waktu pilih lokasi HD (gk bisa kepilih) untuk install. > tapi kalau penasaran coba tanpa partisi bisa dicoba sapa tau tembus :D
      3. Install jalan (ini aku pakai DVD install windows 7 sudah bootable) - berhasil install

      Ini waktu itu aku install ke win gara-gara ada trouble sound sempat gk keluar waktu update ubuntu (tapi akhirnya bisa fix), maklum aku juga masih baru pakai ubuntu secara serius.

      tapi gk lama balik lagi install ubuntu (pakai DVD recovery hasil dari langkah no.1) & sampai sekarang pakai Ubuntu :)

      Delete
    6. Gagal install windows? gagal waktu proses apa/ada pemberitahuan apa?

      waktu install windows & proses gagal waktu pemilihan/akses harddisk bisa dicoba salah satu cara dibawah ini (terserah mau pakai yg mana):
      cara 1 bikin bootable windows pakai rufus:
      https://www.youtube.com/watch?v=xwvd0XcqPTM

      cara 2 pakai gptgen:
      http://woshub.com/booting-windows-7-from-a-gpt-disk-using-bios-firmware-non-uefi/

      untuk driver dell 3162 bisa download dari link dell:
      http://www.dell.com/support/home/id/en/idbiz1/product-support/product/inspiron-11-3162-laptop/drivers?os=w764

      Delete
  2. Saya dari awal beli langsung instal win 8, kalo mau balikin ke ubuntu gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asumsikan instal win 8 bukan pakai teknik dual boot, tapi pakai partisi harddisk sehingga os Ubuntu bawaan terhapus.

      Kalau belum punya/bikin backup os Ubuntu (pakai Dell Recovery > aplikasi diakses di dalam os Ubuntu) bisa minta dibikinkan Ubuntu recovery di toko yang jual atau di Dell Service Center tinggal bawa Flash Disk.

      Delete
    2. bisa juga Download di http://releases.ubuntu.com/14.04/

      tapi saya menganjurkan pakai Ubuntu bawaan Dell karena sudah 100% support sama konfigurasi hardware Laptop Dell.

      Delete
  3. Waktu charge biar tahu baterainya sudah penuh bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tahu baterai sudah penuh di dell 3162 ini cuma bisa dilihat di dalam os (ubuntu/windows) karena salah satu kekurangan laptop ini kurangnya led indikator. Untuk Ubuntu bisa dilihat di pojok kanan atas, di windows ada di pojok kanan bawah.

      Untuk tahu adaptor/charger jalan atau tidak bisa dilihat di led indikator yang ada di badan adaptor. Tapi untuk benar" tahu tegangan listris masuk ke laptop atau tidak cuma bisa dilihat di dalam os (karena ada beberapa kasus kabel penghubung adaptor & laptop rusak jadi tegangan tidak masuk ke laptop).

      Delete
    2. Brarti hanya bs tahu saat laptop keadaan menyala ya kalau btrai sdh penuh??saya baru beli 1 minggu ini..tergoda sm modelnya 😀😀

      Delete
    3. Ia kondisi/persentase battre cuma bisa dilihat di dalam ubuntu/windows. Kalau untuk battrenya sendiri lumayan awet. Kalau untuk model, warna & material dulu waktu mau beli bandingkan sama merk lain untuk dell ini memang lebih menarik sih makanya aku ambil dell lagian memang butuh laptop kecil & ringan. :D

      Ini dari pertama beli kebanyakan posisi laptop gk pernah mati, paling kalau gak dipakai kondisi di suspend (bukan shutdown).

      Delete
  4. kalau instal windows di dell ubuntu version, apakah os ubuntu nya hilang dari laptopnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubuntu bisa hilang (dihapus), bisa pakai dua os (ubuntu+windows) tergantung kebutuhan. Sebaiknya Ubuntu bawaan diback-up dulu pakai Dell Recovery, bisa ditaruh di flash disk/DVD.

      Delete
    2. kalau mau laptop pakai 2 os (ubuntu+windows) langkah bisa diikuti di:
      http://askubuntu.com/questions/666631/how-can-i-dual-boot-windows-10-and-ubuntu-on-a-uefi-hp-notebook

      NB: Jangan lupa ubuntu dibuat masternya dulu.

      Delete
  5. Aku charge tp dlm posisi shutdown itu baterainya bisa masuk gk? Kok malah jd gk bisa idup laptopnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi laptop mati/shutdown tetep masuk kok powernya. Lampu di badan cas/adaptor nyala? posisi battre terakhir sebelum laptop di shutdown masih ada powernya kan? coba tombol buat nyalain di tekan kemungkinan kurang nekan.

      kalau lampu di cas/adaptor nyala tapi battre gk keisi kemungkinan ada masalah, kalau di coba masih gk bisa langsung aja klaim garansinya.

      Delete
  6. Thanks infonya gan. Ngomomg ngomong kok aku beli gk ada manual booknya ya. Soalnya ini netbook kumat lg gk bisa nyala. Bingung emang kyk gitu apa eror dari pabriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. manualnya ada cuma isinya standar (paket penjualan & pengenalan netbooknya). kalau nyalanya agak rewel mending langsung bawa aja ke service center/taruh ke toko tempat belinya buat dibantu komplain, masih garansi kan?

      Delete
  7. Iya masih garansi gan. Oiya kalo mau claim garansi misal bener bener ada kerusakan itu nanti netbooknya di servis apa diganti yg baru gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar (gk tau pastinya) netbooknya diservice, tapi biasanya kalau hardwarenya yang rusak parah & memang termasuk defect dari pabriknya biasanya diganti unit baru.

      Delete
    2. untuk pastinya mending langsung hubungi SC di nomor yang ada di stiker yang ketempel di netbooknya. (kode area)1500-858

      http://www.dell.com/downloads/global/services/sd/prosupport_plus_service_description_v1_1_in.pdf

      Delete
  8. Satu lagi kekurangsnya tidak adanya slot kabel lan, sehingga network koneksinya hanya via wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak saya masukkannya non slot kabel lan sebagai kekurangan karena processor yang dipakai n3050 & n3700 keduanya tidak ada/tidak mendukung integrated lan (berlaku di semua merk netbook yang menggunakan processor ini).

      dihilangkannya slot lan (digunakan 2 jenis processor ini) kemungkinan untuk menghemat ongkos produksi juga untuk mengurangi dimensi netbook sendiri (biar semakin tipis/ramping). Apalagi dirasa penggunaan slot lan pada netbook bisa dibilang sudah semakin ditinggalkan (mayoritas/hampir semua pengguna tidak pakai).

      Delete
  9. itu bener beterai laptopnya sampe 9 jam ?? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sampai 9 jam!!! T_T (ini aku pakai os ubuntu, gk tau kalau windows 10). Kemungkinan karena yang beredar di Indonesia menggunakan harrdisk SATA (500Gb) sedangkan yang beredar di luar negeri pakai emmc (32Gb) yang lebih hemat daya.

      buat edit/ketik dokumen aja (kecerahan layar sekitar 35%, colok mouse usb/mouse internal off) - 1 jam rata" pemakaian battre sekitar 12%-14%.

      buat browsing/internet (koneksi pakai hotspot/wifi, colok mouse usb) - 1 jam rata" pemakaian battre sekitar 18%-20%.

      tapi kalau buat nonton film atau setel youtube dipakai 4 jam lebih battre 100% sudah tinggal 10%.

      kalau dibandingkan sama laptop/notebook lain (yg ada fannya) ketahanan battre cuma beda sekitar 1 jaman (dng pemakaian yg sama).

      Untuk ulasan lebih rinci/lengkap bisa dibaca di:
      http://www.notebookcheck.net/Dell-Inspiron-11-3162-Subnotebook-Review.164692.0.html

      Delete
  10. Mau nanya gan mana bagus dell inspiron 113162-N3050 atau dell inspiron N3421 atau dell inspiron N 3442. Dan apa kelebihan yg mnurut gan itu bagus?
    Mohon infonya gan. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 113162-N3050 masuk katagori netbook secara performa jelas kalah jauh dibanding inspiron N3421 & N3442.

      N3421 menggunakan proc core i3-3217U (1,8GHz, core i3 generasi ke-3), sementara N3442 menggunakan proc core i3-4005U (1,7GHz,core i3 generasi ke-4). Dilihat dari harga & performa dari processornya sendiri sebetulnya lebih bagus i3-4005U untuk link perbandingan ke-2 processor bisa dicek di: http://cpu.userbenchmark.com/Compare/Intel-Core-i3-4005U-vs-Intel-Core-i3-3217U/m7028vsm1643

      Tapi kalau dilihat dari spek hardware secara keseluruhan, n3421 untuk performa lebih bagus dari N3442. Di N3421 kartu grafis sudah menggunakan Geforce GT625M, sementara untuk N3442 masih menggunakan integrated graphics.

      kesimpulan:
      3162-N3050 (layar 11") enak dibawa", cocok untuk pemakaian ringan (ketik/edit documen, browsing, liat file video), tapi berhub gk ada DVD internal kalau mau setel/liat DVD/VCD harus pakai external DVD.

      N3421 menggunakan GeForce GT625M 1Gb, untuk pemakaian/kerja yang berat, cocok buat gamer, buat edit foto, gambar/animasi.

      kalau bagus yg mana semua tergantung kebutuhan.
      Kalau pemakaian sekedar untuk ketik/edit dokumen, browsing dan lebih suka layar ukuran 11" pilih N3050 (tapi kalau saya lebih menyarankan N3700). Kalau layar 11" kurang besar ambil N3442 yang mempunyai layar 14".

      Tapi kalau pemakaian laptop untuk kerja yang berat pilih N3421.

      Delete
  11. mau tanya, kok kecerahan pada notebook dell ini gak bisa diatur ya, padahal sdh saya klik Fn + F11/F12..atau klik F11/F12 aja tetap gak bisa.. mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai os apa? windows atau ubuntu? coba test dulu pakai kombinasi yg lain misal Fn + F2/F3 buat cek fungsi besar/kecilkan volume. Terus dites fungsi F1-F12 berfungsi semua atau gk. Untuk fungsi bisa di cek ngikuti:
      http://www.computerhope.com/issues/ch000306.htm

      Delete
    2. kalau browser pakai Mozilla Firefox, F11 buat masuk ke mode full screen kalau F12 buat masuk ke mode debug.
      kalau kombinasi Fn + F2/F3 jalan berarti gk ada masalah sama tombol Fn , kalau tes F11 atau F12 juga jalan berarti gk ada masalah juga sama tombol F11/F12.

      Delete
  12. Kalau mau ganti prosesorny ke core i3 bisa ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk bisa. sistim hardware di laptop/netbook beda sama PC.

      Delete
  13. video player nya koq gak mau y om? pke Ubuntu

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus install vlc video player dulu, baru bisa setel semua format video. untuk caranya bisa di cek di link:
      http://howtoubuntu.org/things-to-do-after-installing-ubuntu-14-04-trusty-tahr

      Delete
  14. Cara ngecek baterainya udah penuh apa belum kalo di charge dalam keadaan mati gimana ya? Bisa apa enggak? Dan biasanya ngecharge memakan waktu berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung kurangnya lampu indikator, jadi dalam keadaan mati tdk bisa dicek kondisi battrenya. Tapi seperti smartphone sistim laptop/netbook terbaru rata-rata sudah ada rangkaian pemutus tegangan begitu kondisi charge sudah full.
      Saya charge dari kondisi battre 15%-20% biasanya butuh waktu kurang lebih 1.5 jam sampai full (itu kondisi dalam keadaan dipakai aktivitas juga).

      Delete
  15. kak, laptop ini ada cd room nya enggak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk ada, harus pakai external CD/DVD rom.

      Tapi saya justru suka laptop/netbook yg gk dilengkapi CDrom bawaan. Soalnya kalau CDrom bawaan rusak (gk bisa baca CD/DVD) cari CD/DVDrom internal yang cocok sama body laptop/Netbook kadang lebih susah dan akhirnya pakai external CD/DVDrom juga. Dan dari pengalaman saya accessories yang sering rusak/rewel karena pemakaian itu salah satunya CD/DVDrom internal.

      Delete
  16. Maaf gan ini mau tanya gimana ya cara mengganti os Ubuntu ke win 10 laptop dell Inspiron 3162 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Format dulu hardisknya terus install win 10, sebelumnya bikin dulu Ubuntu Recovery (backup ubuntu pakai Dell Recovery) > bisa ditaruh di flashdisk atau diburn di DVD. Untuk Format/partisi hardisk bisa pakai Ubuntu Recovery yang sudah dibikin itu.

      di atas sudah ada yg tanya/komen mirip" coba dicek.

      Delete
  17. ini baterai nya 2 cells ya? apa nggak nagaruh sama umur baterainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai sudah hampir 1th (pembelian bulan Juni) tidak ada masalah sampai sekarang, kondisi masih bagus/tidak drop. Padahal laptop ini dari awal beli hampir tidak pernah saya matikan/shutdown, biasanya saya mode suspend (jadi kalau butuh lebih cepat masuk ke systim linux/ubuntu).

      Delete
  18. 1. Mhn saran mending mana versi 3162 yang SSD 128gb sama yg HDD 500GB? dua2nya sudh pake yg quad core N3710, bukan veleron lagi.
    2. utk solusi tidk adanya port LAN apakah ad converter misal usb - LAN? kl port vga kan bs dr hdmi.
    3. apakah bs upgrade kapasitas ssd dan ram (yg proc quad core sudh 4gb sih)?
    trm ksh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalo saya disuruh milih jelas milih yang SSD128 (sayang dulu waktu saya beli adanya yg HDD 500Gb), kekurangan mungkin space kurang lega (terpaksa harus beli eksternal HD kalo suka download film/lagu/file ukuran besar). Kelebihannya SSD lebih cepat, lebih hemat daya.

      2. Ada (silahkan di google "converter USB to LAN"), banyak yang jual online)

      3. Bisa dan tidak bisa (anggap tidak bisa diupgrade):)
      intel N3700 sebetulnya bisa support RAM sampai 8Gb, sayangnya untuk netbook dell ini SSD & RAM sudah di mount/disolder jadi satu sama motherboard, berhubung tidak menggunakan sistim socket/colok untuk upgrade susah (termasuk yg jual sparepartnya) jadi bisa dibilang tidak bisa diupgrade (non upgradeable).

      kenapa saya juga bilang bisa diupgrade? karena memang bisa diupgrade & sudah ada orang luar negeri upgrade, tetapi harus bisa dapet spare part (SSD dan RAM) termasuk bisa dapet teknisi yang bisa solder/masang spare part tersebut (garansi pasti hangus), berhubung susah jadi anggap aja tidak bisa diupgrade (teknisi resmi dell juga tidak bisa/tidak mau).

      Sedang untuk tipe Asia/Indonesia yang menggunakan HDD 500Gb bisa diupgrade atau tidak? berhubung saya belum bongkar (garansi masih ada) jadi tidak bisa memastikan.

      Data Sheet intel N3700 (support RAM 8Gb)
      http://ark.intel.com/products/87261/Intel-Pentium-Processor-N3700-2M-Cache-up-to-2_40-GHz

      Link video:
      Disassembly Dell 3162
      https://www.youtube.com/watch?v=LJf7BeaN3jU

      Penjelasan umum/awam kalau dell 3162 non upgradeable
      https://www.youtube.com/watch?v=lxmxSHalJMY

      Video orang luar yang upgrade 3162 RAM 2GB ke 8Gb
      https://www.youtube.com/watch?v=1OzCqdIJa10

      Delete
    2. trm ksh banyak sharingnya.. luar biasaaa :)

      Delete
    3. akhirnya bongkar juga ini netbook, karena harddisknya jebol (gk bisa diakses). dalemannya beda ternyata sama yang pakai SSD 128Gb yang banyak diupload di youtube.

      cek postingan saya tentang daleman netbook ini:
      http://shinnekosroom.blogspot.co.id/2017/07/membongkar-dell-inspiron-11-3162.html

      Delete
  19. Akhirnya saya dapet yg proc N3710, ram 4GB, SSD128 (bukan yg HDD 500GB) dan berhasil install Win10, (sp tau membantu):
    + membuat usb fd bootable dengan Rufus, dengan pilihan "GPT Partition Scheme for UEFI Computer"
    + disable boot ke Ubuntu pada netbuk dan ganti UEFI ke Legacy oada boot options (pencet F2 saat booting)
    + colokin FD bootable dan pencet F12 utk boot options, pilih USB FD (sebelumnya tidak pencet F12 gagal trus).
    + setelah masuk instalasi win10, ternyata hdisk tidak terdetect, harus pake Diskpart dengan pencet SHIFT+F10.
    + win10 lanjut install, tapi setelah 100 % dan mau booting error lagi, trus pada boot options yg pilihan Legacy tadi diganti lagi ke UEFI
    + berhasil masuk win10. (agak lama pd saat pertama x start windows).

    Demikian smg membantu. sy bukan ahli tp begitulah kira2 stepnya. hehe

    Terima kasih Nekomata. Ure awesome..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah resmi masuk yang 3162 N3710 berarti. :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Tp btw Nekomata n reader, knp ya seri inspiron 3162 yg proc N3710 jarang skali ditemui. kebanyakan yg proc N3050 atau kl yg N3710 banyaknya di seri inspiron 3168 yg 360 n touchscreen. Curiga ga sih, hehe

    ReplyDelete
  22. Kemungkinan besar beda region distribusinya, saya dulu sempat tanya di official store dell yg seri 3162 N3710 (SSD 128GB) gk masuk/belum masuk Indonesia (gk tau kalau sekarang sudah resmi masuk atau gk), yg masuk Indonesia waktu itu 3162 N3700 (pakai HDD500Gb).

    Itu waktu saya beli termasuk awal seri 3162 masuk, dan tipe dengan proc N3700 termasuk rare/langka, harus beli langsung di official dell storenya langsung, tdk cuma Dell waktu itu merk lain dengan proc N3700 saya juga tidak ngelihat.

    ReplyDelete
  23. Gan, dell yg series ini bs dipakai buat main game the sims 3 or the sims 4 gak? Mohon infonya biar gak salah beli..
    thx a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah install the sims 3 di netbook ini, tapi berhubung tipe ini masuk katagori netbook jadi kurang begitu cocok untuk aplikasi berat termasuk game berat, GPU (graphics procesing unit) kurang gahar.

      Untuk merk Dell seri 3000 yang kelasnya diatas Dell 3162 dan bisa untuk kerja/aplikasi agak berat bisa coba Dell N3421, tapi untuk game berat saya rasa tetap harus menggunakan settingan low-medium.

      Delete
  24. Akhirnya nemu forum yang bahas netbook ini :'). Gan, mau nanya. Bisa ngga sih kita instal program semacam visual basic, maple, dan spss ke netbook dell inspiron 3162 ini? Mau dipake buat nugas kampus soalnya. Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa... VB, Maple, SPSS masuk katagori aplikasi yg tidak butuh graphic hardware berat.

      Delete
    2. Kalo instal drive printer berarti bisa juga ya gan? jadi parnoan begini

      Delete
    3. Bisa, justru kalo gk diinstall printer gk bisa dipakai normal printernya. Netbook sama laptop sebetulnya gak ada bedanya, secara fisik bedanya cuma di ukuran layarnya, kalo dibawah 12" disebut netbook.

      Sama seperti smartphone kalo diatas 5.5" sudah disebut phablet, diatas 6" sudah dianggap tablet.

      Delete
    4. Sip. Makasih ya gan, sukses!

      Delete
  25. Oiya gan. Netbook saya ini baru aja malam ini abis diservis(padahal baru beli februari lalu. tau2 aja baterainya nge-stuck di 9% padahal keterangan pada saat dicharge itu plug in,charging. Kata mas yang servis, ada kerusakan di batrenya. Nah lo?). Sekarang masih kondisi saya charge dalam keadaan mati. Kalo abis di servis gini ngga apa2 kan ya dipake? Mohon pencerahannya. Takut kenapa2 lagi ini netbook. Padahal belom cukup sebulan udah kepake garansinya :'')

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kebetulan dapet produk yg defect dari pabrik berarti T__T. Setelah diservice (komponen yang bermasalah diganti) gak masalah dipakai malah harus dipakai lebih sering, justru itu bisa jadi indikator normal-tidak fungsinya setelah penggantian/service, kalau masih ada masalah harus langsung dibawa ke service centre.

      Berhubung komponen yang bermasalah battre, untuk pengecekan normal/tidak setelah service setelah dicharge 100% matikan/cabut adaptor, begitu indikator battre 15%-20% colok lagi adaptor/charge (lakukan berkala).

      Untuk perawatan battre netbook ini sebetulnya sama seperti smartphone/tablet:
      1. Jangan sampai battre 0% baru dicharge, kalau saya 15%-20% sudah saya charge. Sering di charge waktu indikator battre 0% bisa membuat umur battre pendek.
      2. Kalau rumah dekat area pabrik/industri usahakan menggunakan stabilisator/stavolt jangan langsung tancap adaptor ke colokan/tembok (resiko adaptor rusak besar & resiko laptop/netbook rusak jg besar).

      Urutan memasang/melepas adaptor yg bagus untuk mengurangi resiko kerusakan komponen area power supply:
      - Urutan pasang:
      colok jack/kepala adaptor ke laptop/netbook baru pasang/colok adaptor ke sumber tegangan di rumah.
      - Urutan lepas:
      lepas adaptor dari sumber tegangan, baru lepas jack/kepala adaptor dari laptop/netbook.
      NB: ini bisa diterapkan juga di tablet & smartphone

      Delete
    2. sip gan. makasih banget nih. sukses terus ya!

      Delete
    3. thx :) . gimana setelah diservice jalan normal?

      Delete
    4. Puji syukur udah normal. Cuman ini belom saya pake seperti biasa karena aplikasi buat ngampus belom di instal gan. Ini aja daya batre masih 60-an% belom ngecharge sama sekali setelah servis. Gan, kalo ngecharge sambil mainin netbooknya sebenarnya bisa ngga sih?

      Delete
    5. agan biasanya ngecharge itu netbooknya dimatiin apa gimana?

      Delete
    6. Netbook dipakai sambil dicharge gk masalah, biar indikator battre sudah 100% adaptor gk perlu dicabut juga gk masalah.

      Kalo dirumah gk dipakai netbook dimatikan cuma bukan shutdown tapi pakai suspend (kalau di windows namanya mode stand by).

      Keuntungan netbook dimatikan pakai mode suspend/standby dibanding shutdown kalau butuh/dinyalakan gk perlu booting lagi langsung masuk desktop (lebih cepat).
      Beda shutdown, hibernate, & stand by bisa dilihat di:
      https://abrari.wordpress.com/2010/03/14/perbedaan-stand-by-hibernate-dan-shutdown/

      Delete
  26. Gan, caranya scroll mouse keatas kebawah pake touchpad gmn ya? Ane cari ga nemu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake Ubuntu (linux), untuk scroll pake 2 jari.
      Kalo belum aktif diaktifkan dulu:
      Systim setting > mousepad & touchpad > two finger scroll.

      Untuk windows coba pakai cara dari link:
      http://www.intowindows.com/enable-two-finger-scrolling-windows-8/

      Delete
    2. saya pakai paketan windows 10, apa bisa juga ya?

      Delete
    3. Dell sendiri ngeluarkan driver sendiri cuma berhubung saya pakai ubuntu (linux) tidak bisa tes driver mouse dell sudah ada fasilitas mengaktifkan scroll atau tidak (harusnya sudah termasuk) termasuk apakah driver tsb compatible dengan all windows ver. karena hanya 1 driver, silahkan di download di website dell:
      http://www.dell.com/support/home/id/en/idbsdt1/product-support/product/inspiron-11-3162-laptop/drivers

      Kalau misal gagal/tidak baru bisa coba menggunakan driver dari web punya synaptic, di link yang saya kasih itu tersedia buat hampir semua ver. silahkan masuk link:
      http://www.synaptics.com/resources

      Delete
  27. Belum pernah coba install windows 7.

    Tapi ada yg posting ada masalah sama driver sata waktu install windows 7 di dell 3162 (yg pakai SSD).
    https://superuser.com/questions/1181795/dell-inspiron-11-3162-windows-7-installation-issues

    ReplyDelete
  28. Selamat pagi Mas,saya mau bertanya, kalau menurut Mas untuk kebutuhan mahasiswa lebih prefer Dell Inspiron 3162-3060, Asus E202SA-FD, atau Acer Aspire ES1-132 ? Mohon sarannya. Terima kasih Mas, maaf mengganggu waktunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara fisik tiga"nya masuk katagori netbook (ukuran screen sekitar 11.6"), bedanya di processornya:
      1. Dell 3162-3060 pakai processsor N3060
      2. Asus E202SA-FD, coba dicek dulu ini yang pakai proc N3050 atau N3060.
      3. Untuk Acer Aspire ES1-132 pakai proc N3350

      Untuk kinerja/kecepatan N3060 sedikit lebih bagus dibanding N3050, N3350 yang paling belakang. lebih lengkap perbandingan processor bisa dilihat di:
      http://ark.intel.com/id/products/family/43521/Intel-Celeron-Processor?wapkw=intel+n3060&_ga=1.46975079.1502193823.1491713239

      Untuk pemakaian real setandart sehari" seperti ketik/edit dokumen, browsing, ngliat film secara performa ketiganya tdk begitu terasa ada bedanya. Tinggal lihat harga & paket penjualannya (sudah include atau non windows), yang terpenting service center dekat atau tidak.

      Tapi kalau untuk kebutuhan mahasiswa teknik kurang begitu cocok, untuk netbook saya lebih menyarankan yang menggunakan proc AMD seri E ke atas, cuma kelemahanya battre lebih boros dibanding netbook yang menggunakan proc intel.

      Delete
    2. Baik Mas, terima kasih bnyak atas saran dan informasinya. Sukses selalu :)

      Delete
  29. baru beli dell 3162 yang ram 2GB, mau nanya cepet panas ga karena dilliat desainnya rapet ga ada celah kipas (maklum org awam hehehe..),bisa diinstal SPSS nggak krn buat tugas kuliah? Thanks mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Designnya memang gk ada celah buat kipas, soalnya memang gk pake kipas/fan untuk sistim pendinginannya (gk cmn dell semua merk netbook rata" sudah pakai sistim fanless). Untuk panas termasuk normal/hangat, cepet/tdk tergantung pemakaian/aplikasi yang dibuka.

      install SPSS bisa.

      Delete
  30. aku baru beli yg ram 4 gb ,tapi untuk ngerjain tugas kampus di ms wordnya lemot bgt :( apa karena masih pentium ya? enaknya digimanain yaaa>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo cuma aplikasi office (excell, word, power point) harusnya gk lemot, terasa lemot kalau dipakai buat aplikasi grafis spt corel draw & gambarnya agak komplek.
      Os-nya pakai ubuntu atau windows (os asli bawaan/install sendiri)? dari pertama beli langsung lemot waktu pakai office?

      Kemungkinannya:
      1. Ada aplikasi agak berat yang jalan di background seperti anti virus.
      2. Kena virus.

      Delete
  31. saya juga udah beli laptop dell emang bentuk nya untuk orang katoran...saya beli warna hitam udah kaya bukan mahasiswa lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah harusnya beli yang warna-warni biar terlihat muda & trendy terus hehehe...

      Delete
  32. gan Nekomata, kalo saya instal corel draw di netbook ini gimana? cocok ngga? saya mau pakai buat nugas dan ngedit

    ReplyDelete
    Replies
    1. netbook ini kurang cocok buat design grafis, kalau kuliah ambil jurusan design saya tidak menyarankan beli netbook ini.

      tapi kalau sudah terlanjur punya/beli, kalau diinstall corel draw bisa, dibuat design sederhana juga bisa tetapi semakin komplek gambarnya semakin berat & jadi terasa lag.

      kalau untuk editphoto pake photoshop atau gimp masih lumayan lancar.

      Delete
    2. maksud dari "semakin komplek" itu apa ya? buat desain logo, spanduk, cover buku, dkk gan. rasanya lebih cocok di corel draw aja ketimbang di photoshop

      Delete
    3. semakin rumit gambarnya, semakin besar ukurannya makin terasa lag. Tapi kalau buat desain spanduk, cover buku saya rasa masih bisa.

      Delete
  33. masih bisa nya ini agak merujuk ke "nge-lag" sepertinya hehe. sip, makasih ya gan. sukses!

    ReplyDelete
  34. masih bisa nya ini agak merujuk ke "nge-lag" sepertinya hehe. sip, makasih ya gan. sukses!

    ReplyDelete
  35. masih bisa nya ini agak merujuk ke "nge-lag" sepertinya hehe. sip, makasih ya gan. sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa bulan ini saya pakai netbook ini buat design graphic (iseng-iseng buat tambahan pemasukan) hehehe...
      software yang saya pakai Inkscape & GIMP, Inkscape (seperti corel) gratis, ringan (saya rasa lebih ringan dari corel), gampang pakainya kalau GIMP seperti photoshop silahkan dicoba.

      Delete
  36. min saya abis insal win 8 tapi pad intall driver ko pada gak bisa ya? padahal saya download driver di situs dell langsung, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di website resminya rasanya driver untuk win 8 tdk ada, pakai yg didownload driver win 10 64bit atau win 7 64bit?
      urutan instal driver pertama kali yang diinstall driver untuk chipset, baru disusul yg lain. kalau masih belum bisa coba pakai cara automatis (lewat sistim setting cuma harus pakai koneksi internet).

      Delete
  37. 2. partisi & format ulang harddisk (= pakai FD/DVD hasil no.1) > kalau langsung install lewat boot windows 7 (tanpa dipartisi) bisa masuk ke proses install tapi gagal waktu pilih lokasi HD (gk bisa kepilih) untuk install. >
    Caranya gimana gan?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba cara dari website ini:
      http://dellwindowsreinstallationguide.com/a-clean-install-of-windows-7/windows-7-installation/

      untuk format/partisi saya lebih suka menggunakan fasilitas dari instalasi ubuntu.

      Delete
    2. gagal soalnya boot windows7 bawaan/awalnya tidak suport sistim EPI/GPT jadi waktu di pilih lokasi HD pasti gk muncul HD nya. caranya bikin disk boot yang support sistim EPI/GPT salah satunya pakai software rufus (googling aja).

      Delete
  38. Bro, saya punya tipe N3700 juga. Kalo mau upgrade RAM gimana ya? Gampang gak buat bongkar-pasang nya? Mau dong tutorialnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg ver. pake SSD susah gantinya soalnya SSD nya sama ram disolder jadi 1 sama motherboardnya, klo yg ver. pake HDD yg gampang gantinya.
      Nanti aku posting kebetulan ini baru bongkar (ganti harddisk).

      Delete
    2. ganti ram gampang yang susah justru awal-awalnya buka backdoorya, gak bisa dikasar.

      tutorial bongkar bisa liat video di youtube, tapi kalau mau liat daleman yang pakai harddisk 500Gb saya sudah posting cek di sini (link video juga saya kasih):
      http://shinnekosroom.blogspot.co.id/2017/07/membongkar-dell-inspiron-11-3162.html

      Delete
  39. Gan ini saya malah diganti windows 7, soalnya pas winfows 10 malah gakeluar suara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu awal" saya beli yang os bawaannya windows10 cuma ada di netbook dengan memory 2Gb untuk yang memory 4Gb pakai os. linux/ubuntu (yg windows10 gak ada).

      Saya anggap sis beli yg pakai os bawaan linux/ubuntu terus diinstall ulang windows10 (soalnya kalau keluar dus sudah pakai win10 pasti semua jalan normal). Kalau gk keluar suaranya kemungkinan driver yang diinstall gk cocok/error, soalnya dell 3162 ini pasti work 100% dng win10, kalau setelah diinstall windows10 suara gk jalan seharusnya langkah awalnya download sound driver dari website dell (daripada reinstall ulang win7), tapi kemungkinan tokonya gk punya drivernya atau gk konek internet.

      Kalau diinstall windows7 semua jalan lancar ya gak ada masalah, kecuali kalau sudah direinstall win7 suara masih gk keluar, berarti hardwarenya yang bermasalah (bukan software/driver-nya), kalau sampai hardwarenya yg bermasalah ya jangan diterima.

      Delete
    2. malam bos. saya punya laptop dell inspiron 3162. tapi saya ingin kerjanya buat photosop. corel dan ai. kira2 solusinya gmana ya.. apa harus ganti ram?
      kira2 kalau ganti ram. berapa kapasitas ramnya

      Delete
    3. @unknown pada dasarnya dell 3162 ini termasuk netbook jadi tdk bisa buat kerja berat. Kalau untuk pengolahan grafis yg sederhana masih bisa, tapi kalau sudah berlayer-layer wasalam. Saya sendiri juga menggunakan Dell 3162 untuk kerja design grafis, aplikasi yang saya pakai GIMP dan Inkscape (bisa dicoba & gratis) silahkan kunjungi juga page deviantart saya http://nekomata1691.deviantart.com/.

      Untuk memory ram kalau dari datasheet processor mendukung sampai 8Gb, tapi saya sendiri belum dapat info apakah netbook Dell ini benar" kompatible dikasih memory 8Gb atau tidak, untuk slot memorynya sendiri hanya 1slot.

      Penambahan RAM sendiri bisa dibilang bisa menambah kecepatan dalam kerja pengolahan grafis tapi tdk terlalu naik drastis, karena kecepatan dalam pengolahan grafis tidak hanya dipengaruhi oleh memory, tetapi juga oleh processor, kartu grafis/VGA.

      Kalau solusi mungkin satu-satunya jalan ya lembiru (lempar beli baru) hahaha :D

      Delete
  40. mau tanya gan
    saya baru beli sekitar sebulanan
    kok dinyalain bootnya lama bgt yg muncul cuma kursornya doang gk nyala2
    udah pencet ctrl+alt+delet tetep gk nyala2

    ReplyDelete
  41. Mending yang n3060 atau n3710 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending n3710 (quad core), n3060 baru dual core.
      http://cpuboss.com/cpus/Intel-N3710-vs-Intel-N3060

      Delete
  42. Mas mau tanya, kalau buat tugas kuliah, minitab sama design expert / ngolah data sperti itu apakah recommended jika pakai netbook ini mas? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai netbook ini untuk edit dokumen, internetan, dan design graphic (pakai software gimp & inkscape), untuk software pengolah data saya belum pernah pakai/install. Tapi kalau melihat requirement dari 2 software yang mb.Dewi sebut netbook ini masuk masuk (bisa menjalankan software tsb).
      https://www.minitab.com/en-us/products/minitab/system-requirements/
      http://www.statease.com/dx10.html

      Delete
  43. Mas saya mau tanya.saya pakai windows 10 pro 64 bit.waktu mau instal driver knp netbook malah eror ya.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. drivernya download dari site dell? terus error waktu install driver apa?
      http://www.dell.com/support/home/id/en/idbsdt1/product-support/product/inspiron-11-3162-laptop/drivers

      Delete
    2. Iya download dari site dell gan.apa mungkim windows blm di aktivasi? Pertama doblek clik langsung eror gitu

      Delete
    3. gk pengaruh aktivasi windows. coba download ulang. terus yg diinstall pertama kali driver buat chipset, baru install driver buat display, sound.
      driver bios gk perlu diinstall.

      Delete
  44. Bagus mana ya sama asus e202s
    Dell 3162
    Sama sama celetonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja, speknya juga bisa dibilang sama persis. tinggal suka bentuk & warna yg mana (dell/asus), sama Service center yg paling mudah dijangkau yg mana.
      Tapi untuk asus memori ramnya tipe onboard (anggap gk bisa diupgrade) jadi kalau beli cari sekalian yg ram 4Gb. Untuk dell ada 2 macam: yg pakai HDD & yg pakai SSD, kalau yg SSD sama seperti asus ram & SSD onboard, kalau yg HDD sistim slot jadi bisa diupgrade Hardisk & ram-nya.
      https://www.asus.com/Laptops/E202SA/specifications/

      Delete
  45. Bagus mana ya sama asus e202s
    Dell 3162
    Sama sama celeronnya

    ReplyDelete
  46. salam... saya punya netbook ini sekitar sebulan... waktu beli udh diinstall windows 10...tapi ane mau intall ulang pake ubuntu terbaru.... gmn itu gan? bisa apa nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, saya sendiri pakai os ubuntu (ubuntu 16.04lts), default bawaan dari dell sendiri ubuntu 14.04lts tapi sudah saya update jadi ubuntu 16.04 lts.
      Sayangnya di web dell sendiri tidak menyediakan source download untuk ubuntu bawaan. cara paling gampang ya minta dibackupkan os ubuntu di tempat beli atau di dell service center (bikin via dell recovery) atau download iso filenya di web ubuntu terus bikin bootablenya pakai rufus.
      Petunjuk untuk intall dual boot (ubuntu-windows)
      http://www.dell.com/support/article/id/en/idbiz1/sln151792/how-to-install-ubuntu-and-a-legacy-windows-operating-system-as-a-dual-boot-on-your-dell-pc?lang=en

      Delete
  47. mau nanya, klo install windows 10 nya yg 64 atau 32 bit ?
    btw mau nanya, knp hdd yg nekotama jebol? apakah klo pakai yg ssd gakan gampang jebol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 64bit (proc n3700 & n3050 dua"nya proc 64bit).

      Karena tiap hari nyala & juga faktor hoki (dapet barang cepet rusak). Tiap barang elektronik ada lifetime nya yg dijamin pabrikan, biasanya pakai ukuran rata-rata "hour service" atau "month service" (total pemakaian/kerja dalam jam atau bulan), untuk HD pabrikan ada juga yg ngasih ukuran lifetime berdasar jumlah total putaran piringan data. Tapi pengalaman saya sendiri dengan HD merk sama dengan netbook ini tidak terlalu bagus, lebih cepat rusak dibanding merk lain.

      normalnya lifetime SSD lebih panjang dibanding HD, selain itu faktor penyebab kerusakan di HD lebih besar/banyak dibanding pada SSD.

      Delete
  48. min mau nanya, bagusan mana make windows 10 pro atau windows 10 enterprise

    ReplyDelete
  49. Saya baru beli tapi kenapaa yaa pas di charger tampilannya gambar aja gabisa di mainin gaada icon nya juga bingung juga soalnya gabisa liat chargernya masuk apa engga soalnya gaada lampu led nya 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. os nya apa? kalau cuma muncul gambar aja kemungkinan hang itu, kalau sering gitu langsung tanya ke toko tempat beli atau langsung ke dell service center. Kemungkinan paling jeleknya harddisknya bermasalah.

      kalau untuk liat charger masuk/nggak kalau sudah masuk ke windows/ubuntu bisa dilihat lewat indikator battre yang ada (deket jam): windows di pojok kanan bawah, ubuntu di pojok kanan atas.

      Delete
  50. gan..

    DELL 3162-INTEL CELERON N3060
    Intel Celeron N3060
    RAM 2GB
    HDD 500GB
    Intel HD Graphics
    11.6-inch HD (1366 x 768) Anti-Glare LED-Backlit Display
    Ubuntu Linux

    tapi aku pakai Win 10..
    dan kayaknya lemot banget, respon agak lama... memang seperti ini kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Netbooknya awalnya os Ubuntu Linux (terus diinstall win 10) atau dari bawaannya sudah win 10?

      terasa lemot dari awal beli atau setelah diinstall aplikasi lain-lain?

      Kalau untuk yg ver celeron n3060 lemotnya harusnya terasa cuma pada waktu booting aja, begitu sudah masuk windows speednya harusnya normal.

      Delete
  51. Kak, saya punya Dell inspiron 3126 intel pentium quad core ram 4GB 128 SSD dengan os bawaan Ubuntu 14.04, dan saya ingin instal windows 10. Saya mau tanya, menurut kakak dilihat secara performa kinarjanya apakah lebih baik saya pasang single boot (Windows 10) saja, atau dualboot (UBT dan Win 10)? dan apakah jika dipasang dualboot akan menurunkan performa dari leptop saya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau kedepannya pemakaian lebih ke windows 10 sebaiknya diintall windows 10 saja (single boot).

      2. Dualboot (ubuntu & win 10) tidak menurunkan
      performa laptop/netbook, tapi lebih ke berkurangnya kapasitas harddisk yang bisa dipakai untuk menyimpan data kita (video, foto, dokumen...dll) karena penggunaan 2 OS.

      Ubuntu menggunakan format harddisk yang berbeda dengan windows, format harddisk ubuntu tidak bisa dibaca/diakses oleh windows, tapi format harddisk windows (NTSC/fat) bisa dibaca/diakses ubuntu.

      nb: Jangan lupa untuk membuat backup/master boot ubuntu kalau mau menggunakan single boot, pakai Dell recovery (bisa diburn pakai brasero disk burner atau ditaruh ke flashdisk)

      Plus-minus Ubuntu & Windows:
      Ubuntu:
      (+) Open source, os gratis, aplikasi pendukung seperti office gratis juga.
      (+) Performa menurut saya lebih cepat dibanding windows
      (+) Lebih tahan virus (bisa dibilang anti viru)
      (-) Tidak semua aplikasi yang umum dipakai ada penggantinya di ubuntu/linux
      (-) Masih ditemui beberapa bug
      (-) Tidak terlalu kompatible dengan beberapa hardware tambahan seperti printer, scanner, penmouse...dll

      Windows:
      (+) Program/software umum kebanyakan ada di windows, pemakai juga lebih banyak.
      (+) Plug & play, kompatible dengan hardware/perangkat tambahan lebih baik dibanding ubuntu.
      (-) OS berbayar, software tambahan seperti office juga berbayar (tapi bisa dibajak/dicrack).
      (-) Ketahanan terhadap serangan virus kurang dibanding ubuntu.
      (-) Performa sedikit lebih lambat dibanding dengan ubuntu, apalagi kalau ditambah dengan penginstallan anti virus.

      Delete
  52. Maaf, saya mau pake full ubuntu?
    Ini cocoknya Ubuntu 14.04 ya? Bagusnya AMD64 atau i386??
    Bisa dishare pembagian harddisk untuk swap, root, home, dan partisi lainnya...

    Trims sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, paling cocok Ubuntu 14.04, saya pernah upgrade jadi Ubuntu 16.04 tapi tidak secepat waktu pakai ubuntu 14.04, di 16.04 terasa agak lag.

      kebetulan OS bawaan dari Dell ver AMD64. bedanya kalau AMD64 itu 64bit, i386 32 bit. proc yg dipakai di netbook ini 64bit jadi sebaiknya Download yg AMD64, atau bisa minta dibikinkan ubuntu bootable di toko tempat beli bawa flashdisk.

      Untuk kernel pakai kernel 3.19.0-33 atau 3.19.0-80, tapi buat saya lebih stabil 3.19.0-33

      Untuk pembagian harddisk tiap orang beda, untuk saya sendiri pakai partisi:
      1. EFI - 150 mb
      2. boot - 200 mb
      3. swap - 10Gb (ukuran optimal 2x besar RAM, berhubung ram saya 4Gb sebetulnya 8Gb sudah cukup)
      4. / - 15Gb
      5. var - 8Gb
      6. tmp - 8Gb
      7. home - sisa kapasitas harddisk (ada sekitar 450Gb-an)

      Delete
    2. Boot usb nya harus legacy ya? Gak bisa uefi?

      Delete
  53. Gan klo utk jalanin Adobe Ilustrator dan Photoshop, kuat ga?

    ReplyDelete
  54. Gan klo utk jalanin Adobe Ilustrator dan Photoshop, kuat ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tipe yang menggunakan N3700 & ram 4Gb untuk software design masih bisa jalan lumayan lancar, baru kerasa lag begitu designnya komplek (layer berlapis-lapis ;D ), untuk yang menggunakan N3050 & ram 2Gb tidak begitu cocok buat design.

      Saya sendiri untuk software design di netbook ini menggunakan GIMP dan Inkscape, 2 software tersebut bisa dibilang versi ringannya & freenya dari Photoshop & AI/Corel.

      Delete
  55. halo smua....sy hunting neh dell 3162 N3710 ssd128gb...tp pd kosong smua...mhn info dmn bl online yg msh ready stok...thx

    ReplyDelete
  56. aku mau nanya.. ak udah pnya netbook ini, baru aja beli.. nah awalnya sih baterainya awet banget.. tapi setelah abis sak bisa seawet itu.. kira-kira waktu chargingnya berapa jam ya supaya awet? soalnya ga ada lampu sama sekali, ada sih satu cuma ada di ombol capslock ketika diaktifin.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu charge biasanya 2.5 jam - 3 jam, untuk tau battre sudah terisi berapa persen bisa dilihat di pojok kanan bawah deket jam (untuk windows) atau di pojok kanan atas (untuk linux/ubuntu).
      Kalau dirasa battre agak boros ada beberapa sebab contohnya: install aplikasi anti virus (yg jalan terus di background), colokan USB terpasang accessories (contoh: mouse, flashdisk, modem...dll) yg ikut mengkonsumsi battre netbook.
      Untuk pemakaian normal kalau masih baru battre tahan 7jam ke atas itu bagus (semua tergantung pemakaian) kalau netbook ini saya pakai maen game atau nontom film battre ya cuma bertahan 4 jaman. Semakin bertambahnya umur daya tahan battre ikut berkurang, tapi kalau cuma bertahan 1-2jam pemakaian normal baru itu sudah waktunya ganti battre :) .

      Delete
  57. Mau tanya gan, saya baru beli netbook Dell ini september 2017 lalu, tidak pernah ada masalah. Hanya saja saat saya pertama menggunakannya sudah lemot dan saya minta diinstalkan smadav dr tokonya. Setelah saya pakai untuk desain pake corel yng sudah ada di netbook ini kenapa malah jadi tambah lemot

    Keesokan harinya saat baterai saya sudah habis lalu saya charger dgn adaptor sambil netbook dlm keadaan mode upgrade tidak lama kemudian listrik padam, dan akhirnya setelah listik nyala dan saya sudah merasa netbook daya sudah full karna 3 jam lamanya saya charger. Pas saya nyalain malah gak bisa nyala hanya ada peringatan restart mulu sampai sekarang tidak bisa nyala. Bagaimana ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batterai sudah habis itu maksudnya kondisi batterai = 0%?

      waktu listrik padam kondisi netbook maksudnya dalam keadaan mati tapi dicas, atau dalam keadaan nyala & dicas?

      untuk batterai usahakan dicas sebelum benar" kosong (0%), tidak hanyak untuk netbook dell ini, tapi untuk semua device (smartphone, laptop, netbook) keluaran terbaru sudah menggunakan batterai tipe li-ion, batterai jenis ini sebaiknya dicas sebelum benar" 0% karena bisa memperpendek umur batterai (bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan batterai rusak/tidak bisa dicas).

      untuk lemot saya rasa ada aplikasi yang berjalan dibelakang (background), menginstall smadav (antivirus) juga bisa membuat penurunan performa dari netbook ini (apalagi bila memory hanya 2Gb), usahakan install antivirus 1 saja.

      corel termasuk aplikasi berat, semakin komplek designnya semakin terasa berat dijalankan di netbook ini, kalau saya mengguanakan software design inkscape yang free & saya rasa lebih ringan dari corel (waktu digunakan di netbook ini).

      kalau netbook Dell ini pembelian sekitar bulan september 2017 berarti masih dalam masa garansi, sebaiknya dibawa ke service center Dell untuk mendapat penanganan yg lebih profesional.

      Delete
  58. cara menghubungkan ke proyektor gimana ya? apa saya perlu converter? bila iya jenis apa? tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, perlu kabel converter. Untuk menghubungkan dengan proyektor bisa menggunakan converter "HDMI to VGA" bisa juga menggunakan "USB to VGA".

      Setelah terhubung tekan tombol keyboard Fn+F8

      Delete
  59. Mau nanya gimana tanganin klo notebook ngak bisa di nyalain walaupu tombol powerx uda di tekan.. Uda di cahs juga masih kaya gitu..

    ReplyDelete
  60. Mau nanya gimana tanganin klo notebook ngak bisa di nyalain walaupu tombol powerx uda di tekan.. Uda di cahs juga masih kaya gitu..

    ReplyDelete
  61. Usai dinstal pake win 7 knp port usb port ethernet dan cardreader dll ngga kedetek ya??
    Mungkinkah hrs paje drive mainboard?

    ReplyDelete
  62. Mau tanya, laptop dell inspiron 11 ku bermasalah pada sound system nya. Speaker sama mic tdk terdeteksi sama sekali. Sdh install ulang bberapa kali tapi tetap tdk terbaca. Ada yg bisa bantu?

    ReplyDelete