freebitcoin

Sunday, July 23, 2017

Membongkar Dell Inspiron 11 3162 (Sekilas Tentang Hardware Dell Inspiron 11 3162)

Blogger ini merupakan kelanjutan dari blog saya sebelumnya yang membahas tentang "Kelebihan dan Kekurangan Dell Inspiron 11 3162". Blog ini saya tulis karena setelah 1 tahun harddisk netbook saya rusak dan tidak bisa diakses, terpaksa saya bongkar sendiri, untungnya saya punya persediaan harddisk yang masih bisa dipakai. Saya harap dengan tulisan ini dapat membantu menjawab pertanyaan yang ada tentang: apakah Dell inspiron 11 3162 ini bisa diupgrade (diganti memory & harddisknya) atau tidak. 

Pertama-tama saya akan informasikan yang saya bongkar ini adalah Dell inpiron 11 3162 yang dari bawaan pabriknya menggunakan harddisk, karena memang untuk Dell inspiron 11 3162 ini ada 2 jenis yang bawaan pabriknya menggunakan harddisk 500Gb dan yang menggunakan SSD 128Gb, keduanya memiliki design board (interior hardware) yang berbeda. Untuk yang menggunakan SSD 128Gb harddisk dan memory jadi satu (disolder) dengan motherboard sehingga bisa dibilang tidak bisa diupgrade/diganti. Postingan saya ini tidak akan membongkar sampai keseluruhan, karena saya lihat di youtube sudah banyak yang mengupload (untuk yang versi SSD128Gb), cara bongkar totalnya bisa dibilang sama.

Untuk membuka backdoor bisa dilihat pada video membongkar yang banyak diposting di Youtube, salah satu yang menjadi panduan saya adalah dari: link
Pada video tersebut ditunjukkan cara membuka backdoor Dell inspiron 11 3162 ini, jadi untuk membuka backdoor tidak perlu saya jelaskan detil.

NB:
Sebelum membuka pastikan netbook benar-benar dalam posisi mati/off dan tunggu kurang-lebih sekitar 10 menit sebelum mulai membuka, untuk menjaga agar komponen netbook tidak rusak terkena listrik statis tubuh manusia sebaiknya menggunakan sarung tangan. Kerusakan karena mencoba membuka sendiri ditanggung penumpang hehehe... :)


Awal membuka netbook ini saya rasa menjengkelkan karena netbook ini menggunakan sistim pengait klik, yang kalau dikasar membukanya bisa rawan mengakibatkan kerusakan. 

POSISI BAUT

Pada backdoor terdapat 8 baut, 7 di bagian sisi-sisi, 1 lagi ada di tengah dilindungi oleh plat plastik berbentuk bulat (harus dibuka dulu).


catatan:
Pada saat membuka (ikuti link video yang saya kasih) mulai dari sisi kiri tapi jangan dibuka/tarik penuh cukup dilepas dari gigi pengaitnya karena untuk port hdmi, usb, dan power jadi satu dengan motherboard dan ikut bagian atas tapi terkait/nyantol di backdoor, jadi kalau ditarik lepas penuh bisa patah (lihat video/youtube). Yang dibuka penuh nantinya justru sisi sebelah kanan dulu (area tombol on/off).

INTERIOR



Setelah backdoor dibuka interior akan terlihat seperti foto di atas. Untuk port sebelah kiri (port HDMI, USB, power adaptor, slot memory external) ikut motherboard, sedangkan port sebelah kanan termasuk tombol power ikut backdoor.

HARDDISK

Harddisk bawaan netbook ini adalah harddisk SATA merk TOSHIBA kapasitas 500Gb AF (Advance Format). Untuk penggantian harddisk perhatikan untuk membeli yang ada tanda AF (Advance Format) karena tipe ini memiliki ketebalan lebih tipis dibanding yang tipe biasa (tanpa tulisan AF). Tebal tipe AF ini hanya setebal area warna hitam dari yang tipe biasa (lihat foto dibawah).




MEMORI

Slot memory pada netbook ini hanyak 1 slot dan menggunakan dan jenisnya DDR3L Untuk merek memori bawaan pada netbook yang saya miliki ini adalah SKhynix (kemungkinan merek bisa berbeda tergantung pemasoknya). Untuk melepas memory ini tarik pengait yang menjepit memori di sisi kiri dan kanan, nantinya memory card akan langsung terangkat keatas, baru ditarik lepas.







BATTERY

Seperti terlihat pada foto di bawah, kapasitas battre netbook ini adalah 4013mAH dengan tegangan 7,6V , 32Wh.




Demikian ulasan saya ini, saya harap postingan blog saya ini bisa membantu menjawab rasa penasaran tentang apakah Dell Inspiron 11 3162 dengan harddisk 500Gb upgradeable ataukah seperti saudaranya yang menggunakan SSD 128Gb non upgradeable.

Baca juga tulisan saya terbaru tentang menambang bitcoin:
cara-menambang-bitcoin-untuk-pemula

22 comments:

  1. Ram Untuk seri ini di Youtube ada yg bisa 8gb tapi di data sheet nya max.4 gb, apakah benar yg di Youtube?

    ReplyDelete
    Replies
    1. processor n3050 & n3700 dari data sheet dua-duanya support max ram sampai 8Gb, bisa dicek di:
      http://ark.intel.com/products/87257/Intel-Celeron-Processor-N3050-2M-Cache-up-to-2_16-GHz
      http://ark.intel.com/products/87261/Intel-Pentium-Processor-N3700-2M-Cache-up-to-2_40-GHz

      Delete
    2. Kalau dari standar (bawaan pabrik) adanya memang cuma yg 2Gb & 4Gb.
      Cuma untuk diupgrade jadi 8Gb saya juga tidak bisa memastikan bisa (kalau dilihat dari datasheetnya support).

      Delete
    3. Halo,

      Maaf nimbrung. Berdasarkan datasheet Dell (bukan Intel), max memory supported-nya di 4 GB. Apakah ada referensi tentang yg berhasil upgrade ke 8 GB?

      Takutnya udah beli memori, ga ke-detect :D

      Makasih banyak sebelumnya.


      Link:
      http://downloads.dell.com/manuals/all-products/esuprt_laptop/esuprt_inspiron_laptop/inspiron-11-3162-laptop_reference%20guide_en-us.pdf

      Delete
    4. saya sendiri belum upgrade memory, masih pakai bawaan 4 GB. tapi kalau referensi sudah ada yang upgrade dari 2 Gb ke 8 Gb di youtube (malah yg dia punya versi yg SSD lebih susah upgradenya karena memory langsung di solder ke motherboard bukan pakai sistim slot):
      https://www.youtube.com/watch?v=1OzCqdIJa10

      Delete
    5. tapi berhubung saya sendiri belum mencoba upgrade memory jadi tidak bisa memberikan jaminan.

      Delete
  2. salam,kira2 bisa diinstal windows 7 ga ya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cuma installnya gk bisa pakai disk boot standar windows 7, soalnya disk boot windows 7 gk support GPT disk. Ada 2 cara (terserah mau pakai yg mana):
      cara 1 bikin bootable windows pakai rufus:
      https://www.youtube.com/watch?v=xwvd0XcqPTM
      cara 2 pakai gptgen:
      http://woshub.com/booting-windows-7-from-a-gpt-disk-using-bios-firmware-non-uefi/

      untuk driver dell 3162 bisa download dari link dell:
      http://www.dell.com/support/home/id/en/idbiz1/product-support/product/inspiron-11-3162-laptop/drivers?os=w764

      Delete
  3. saran dong gan budget 3jutaan, beli netbook merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merk semua bisa dibilang sama aja, tinggal waktu beli mempertimbangkan service center yang paling dekat di area kita tinggal/kota tempat kita tinggal, Layanan dukungan/support yang baik termasuk dukungan secara online (punya website jelas) sehingga mudah mendapatkan driver untuk laptop itu sendiri.
      Merk umum yang bisa jadi bahan pertimbangan ada: HP, Dell, Acer, Asus, Lenovo, Toshiba, fujitsu.

      Delete
  4. Soalnya punya saya yg hardisk 500gb,rencana saya mau ganti SSD 240gb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dengan catatan ketebalan SSD = 7mm (=0.7 cm), atau setebal HDD AF (Advance Format).

      soalnya SSD sendiri ketebalannya beda": 7mm, 9.5mm, 11-12mm

      Delete
    2. Terima kasih informasinya gan

      Delete
    3. Mau tany lagi gan,kalau habis pasang ssd apa2 saja yg harus dirubah waktu pertama install windows.

      Delete
    4. setting bios, boot option. sama saja seperti install windows di hdd baru.

      Delete
  5. Gan, punya ane yg 128gb ssd 4gb ram, kemarin ada masalah di cpu usage yg spaneng 100% terus sampai semenitan, kira² apa masalahnya ya? Udah ganti baru ssd kgk ngaruh :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya yg menyebabkan CPU usage stuck di 100% ada beberapa hal:
      1. File os (windows/linux) rusak, bisa karena filenya yang rusak, bisa juga karena fisik medianya (harddisknya) yg rusak (bad sector).
      2. Banyak file yang jalan di belakang (background), aplikasi antivirus juga bisa menjadi salah satu sebab (apalagi bila install lebih dari 1 software)
      3. Terkena Virus
      4. Hardware netbooknya (motherboard) yang bermasalah

      Usaha untuk memperbaiki/mendeteksi:
      1. Untuk tindakan pertama backup dulu file/dokumen penting, kemudian format ulang/install ulang os (windows/linux). Jangan buka file/dokumen yang dibackup (karena ditakutkan sudah terinfeksi virus).

      2. Install software/aplikasi satu-persatu sambil dicek performanya tiap menginstall apakah berjalan normal (ini bisa dipakai untuk melihat perubahan CPU usage terjadi setelah install software/aplikasi apa).

      3. scan file/dokumen yang dibackup untuk mendeteksi adanya virus.

      Bila setelah diformat & diinstall ulang ternyata masih bermasalah sebainya dibawa ke service center resmi Dell untuk ditangani teknisi profesional.

      Delete
    2. Saya Alhamdulillah g ada masalah setelah Ganti SSD 50GB
      malah jadi ngebut.

      Delete
  6. Bang, punya saya upgrade ke 4GB udah sama sama ddr3l kok masih gak support ya ramnya

    ReplyDelete